Sistem ERP Dianggap Cost-Effective, Apa Iya?

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, efisiensi operasional dan pengelolaan yang efektif harus menjadi perhatian bagi tiap perusahaan. Tidak jarang dana, waktu maupun energi dihabiskan sia-sia karena beberapa faktor seperti human error yang diakibatkan dari ketidaktelitian saat melakukan tugas yang repetitif, salah mengambil keputusan karena data yang salah, maupun waktu tunggu terlalu lama yang membuat pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, sehingga selain SOP dan rules perusahaan yang harus diterapkan, Anda juga dapat mengandalkan alat bantu berupa software yang dapat menyederhanakan alur kerja Anda.

Salah satu alat yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut adalah sistem ERP atau sebuah sistem penunjang bisnis terintegrasi yang menawarkan solusi yang terjangkau dan efisien. Kita akan membongkar satu persatu mengapa banyak perusahaan menganggap bahwa sistem ERP ini dapat menghemat biaya operasional secara signifikan!




 

1. Hemat biaya aplikasi terpisah

ERP memiliki sistem integrasi menyeluruh dari berbagai proses bisnis yang ada di perusahaan, mulai dari manajemen persediaan (inventory), produksi (production), penjualan (sales), keuangan (finance/accounting), hingga sumber daya manusia (human resource). Dengan menggabungkan semua fungsi ini dalam satu sistem, perusahaan dapat menghindari penggunaan beberapa sistem terpisah yang memerlukan biaya lisensi, implementasi, dan pemeliharaan yang tinggi. Dengan demikian, penggunaan ERP jelas dapat mengurangi biaya infrastruktur dan perangkat lunak yang seharusnya diperlukan untuk menjalankan berbagai aplikasi terpisah

2. Penghematan Waktu dan Tenaga Kerja

ERP mempercepat dan mengotomatisasi banyak proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual. Selain itu, penginputan data tidak hanya terupdate di satu divisi saja melainkan hingga ke berbagai divisi terkait sehingga penginputan berulang tidak perlu lagi dilakukan. Dengan adanya integrasi antara penjualan dan inventaris, persediaan dapat dikelola secara real-time, mengurangi biaya yang terkait dengan persediaan yang tidak terpakai atau kekurangan stok. Selain itu, dengan adanya alur kerja otomatis, pekerjaan rutin seperti pengolahan pesanan, penagihan, dan pembayaran dapat diselesaikan dengan cepat, menghemat waktu dan tenaga kerja yang dapat dialokasikan ke tugas-tugas yang lebih strategis.

3. Pengambilan Keputusan yang Akurat

ERP menyediakan visibilitas dan akses ke data bisnis yang konsisten dan akurat. Dengan informasi yang terintegrasi dan real-time, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. Misalnya, dengan memantau kinerja penjualan, biaya produksi, dan keuangan secara langsung, manajemen dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengoptimalkan efisiensi dan mengurangi biaya yang tidak perlu.

Biaya yang tidak perlu ini meliputi human error, perencanaan dan pelaksanaan sia-sia, hingga kesalahan fatal seperti tidak sesuainya keadaan di lapangan dengan data yang kita pegang dan berujung pada kerugian

4. Support dan Maintenance

Vendor ERP umumnya menyediakan layanan maintenance yang meliputi update software dan perbaikan secara teratur. Dengan memiliki akses ke layanan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merekrut tim IT internal yang besar. Selain itu, pembaruan perangkat lunak yang teratur akan memastikan sistem Anda tetap aman dan berjalan dengan performa yang optimal, sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan data yang dapat berdampak pada biaya pemulihan yang tinggi di akhir nanti.

Dari poin-poin di atas, apakah INTIMates sudah memiliki bayangan terkait keefektifan sistem ERP? Semua fitur di atas termasuk ke dalam layanan pengimplementasian sistem ERP dari IntiSoft, jadi jangan khawatir, ya! Untuk pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi kontak yang tersedia.


Apa Itu Sistem ERP?
Pelajari tentang Sistem ERP secara menyeluruh!