Apa Itu Sistem ERP?
Pelajari tentang Sistem ERP secara menyeluruh!

Kita semua tahu, mengelola bisnis baik itu kecil ataupun besar pasti membutuhkan proses yang kompleks. Apalagi dalam bisnis yang memiliki skala besar, semua perputaran sumber daya dituntut serba cepat mengikuti perkembangan proses bisnis, terlebih multitasking merupakan hal yang tidak mudah bagi kebanyakan manusia. Dengan proses bisnis yang dituntut serba cepat, karyawan disarankan memiliki ‘tech-assistant’ atau teknologi yang dapat membantu mereka menyelesaikan pekerjaan. Dalam hal ini, sistem ERP menawarkan berbagai solusi dalam menjalankan dan mengembangkan proses bisnis suatu  perusahaan

Apa itu sistem ERP?

Sistem ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sistem informasi yang dapat memuat berbagai data dari proses bisnis suatu organisasi atau perusahaan. Keistimewaan ERP adalah semua data dari berbagai divisi tersebut dapat terintegrasi di dalam satu server yang dapat diakses oleh seluruh staff, kapan saja dan di mana saja. Data-data tersebut akan dikelompokkan berdasarkan modul yang disediakan oleh sistem ERP. 

Jika anda bertanya-tanya, apa itu modul ERP? Modul adalah komponen yang dimuat di dalam sistem ERP untuk mengelompokkan data-data sesuai dengan divisi yang ada di perusahaan. Alur kerja tiap modul juga dapat dimodifikasi sesuai dengan sistem perusahaan. ERP yang terkenal dengan modifikasi modulnya yang sangat fleksibel adalah Odoo, software yang selama ini menjadi andalan tim kami dalam menyusun implementasi ERP.

Jenis-jenis Modul ERP yang Sering Digunakan Oleh Perusahaan

  1. Accounting merupakan modul yang meliputi pencatatan keuangan baik dari perusahaan, kepada pelanggan dan vendor, maupun report harian, bulanan, serta tahunan yang dapat memberikan analisis dan perkiraan secara otomatis berdasarkan pola penginputan.

  2. Invoicing adalah modul yang digunakan untuk membuat file tagihan dengan mudah, hanya membutuhkan beberapa klik saja tanpa harus input harga satu persatu. Penagihan ini dapat didownload dan dikirimkan dengan mudah. Dalam modul invoice terdapat juga pilihan untuk melacak status pembayaran, sehingga karyawan akan dengan mudah mengirimkan pengingat kepada yang ditagihkan, baik secara otomatis maupun secara manual.

  3. Inventory merupakan modul yang menyimpan data-data dari stok barang yang dimiliki oleh perusahaan. Inventory juga menyediakan kolom pembelanjaan perusahaan bernama Purchasing. Stok yang dicatat di inventory akan mudah ditrack status dan kondisinya sehingga divisi lain juga dapat memantau status barang. Selain itu, ada kolom Quality yang mencatat penyeleksian kualitas produk, juga maintenance yang memudahkan karyawan memonitor status perbaikan aset perusahaan.

  4. Sales adalah modul yang memuat jenis-jenis penjualan perusahaan yang dapat menganalisis performa penjualan dan memprediksi performa penjualan ke depannya secara otomatis. Modul ini juga akan dapat terkoneksi ke CRM atau Customer Relationship Management yang memuat data-data pembelian, minat, dan kebutuhan para customer. Customer juga dapat membuat akun yang dapat memantau tagihan dan riwayat pembelian, bahkan bisa berinteraksi dengan pegawai perusahaan.

  5. Point of Sale dikenal sebagai aplikasi kasir yang mengelola keseluruhan sistem kasir dengan fitur yang lengkap dan dapat dikustomisasi. Tampilan untuk pengguna juga sangat jelas sehingga akan mudah dipelajari oleh pengguna di berbagai usia. Modul ini akan dibutuhkan oleh toko offline dengan mobilitas yang tinggi dan barang yang banyak seperti contoh supermarket dan toko bangunan yang besar. 

  6. Human Resource menyediakan tempat bagi para karyawan untuk mengajukan permohonan cuti, izin, dan penggantian shift. Nantinya, HRD juga akan dapat melihat dan langsung memberikan approval. Selain itu, modul ini juga bisa digunakan untuk absensi, rekruitmen pekerja baru, penyimpanan data-data karyawan dan masih banyak lagi.

  7. E-Commerce merupakan modul yang menghubungkan sistem ERP dengan berbagai e-Commerce tempat perusahaan memasarkan produknya. Keistimewaan dari modul ini adalah untuk meng-update stok barang, penjual tidak harus bolak-balik dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, semua cukup dilakukan hanya di satu laman. Jika Anda mencari vendor yang menyediakan layanan ini, kami memiliki produk bernama Nect Market yang akan membantu pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien saat menginput produk. Kami telah menangani perhubungan antara sistem ERP dengan platform jual-beli online seperti Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, dan masih banyak lagi.

Tidak jarang juga bagi perusahaan yang memiliki banyak project, mereka juga akan memesan modul ‘Project’ untuk mencatat job description tiap karyawan, *****timeline pengerjaan*****, barang-barang yang dibutuhkan dan lain-lain. Semua yang dibutuhkan perusahaan untuk membantu karyawan dalam bekerja akan dipenuhi oleh sistem ERP kami yang sistem bisa dimodifikasi sesuai proses bisnis perusahaan. Jangan khawatir juga akan hak akses, karena ERP dapat mengatur hak akses tiap-tiap karyawan.

Jika ingin mencoba bagaimana implementasi sistem ERP ke dalam proses bisnis, silakan klik request for demo yang ada di bawah ini atau kunjungi laman Instagram kami di @inti.software.

Intip Tahapan Implementasi ERP Sebelum Deal!